AS Kembangkan Satelit Baru

Amerika Serikat (AS) nampaknya tak pernah berhenti untuk mengingatkan system pertahanan militernya yang baru, AS sedang mengerjakan salah satu program satelit mata-mata genersasi baruyang nilainya miliaran dolar Amerika. itu adalah proyek paling anyar sejak pentagon membatalkan pengembangan sistem pemantau Arsitektur Masa Depan (FIA) dua tahun lalu. Sistem baru yang dikenal dengan istilah BASIC itu dikabarkan akan tuntas dikerjakan pada tahun 2011dan di taksir menyedot anggaran negara senilai USD 2  miliar – USD 4 miliar (sekitar Rp 18,8 triliun – RP 37,6 triliun).
Mengutip sebuah statementanpa identitas, AP melansir bahwa klasifikasi detail pada sistem satelit baru itu masih dirahasiakan pemerintah dan para ahli sistem militer. Satelit pemantau foto digunakan untuk mengumpulkan informasi visual dari luar angkasa tentang berbagai kepentingan pemerintah dan lokasi group teror.
Misalnya kegiatan yang terkonsentrasi pada semua reaktor nuklir atau kamp pelatihan militer.  satelit itu juga bisa di gunakan untuk memantau kerusakan akibat gempa, kebakaran dan bencana alam lain nya.
Kasak-kusuk tentang program baru pentagon itu langsung memantik reaksi keras dari sejumlah perwakilan pemerintah AS, kalangan parlemen dan ahli pertanahan. meraka segera mempertanyakan besarnya anggaran yang akan di habiskan untuk proyek itu terlebih, pasca kegagalan program sebelumnya yang terlanjur membuang waktu dan anggaran negara yang tidak sedikit.
Sebelumnya Badan Pengawas Nasional AS telah mengabiskan waktu enam tahun dan anggaran miliaran dolar untuk proyek FIA yang di akhiri pada tahun 2005 silam. pentagon memustuskan untuk menghentikan pengembangan proyek itu karna Boeing,  kontaktor tunggal proyek, gagal mengembangkan sejumlah perlengkapan teknik, diantaranya kegagalan mengembagkan Satelit Optik elektronik dan menghamburkan anggaran pemerintah AS sehingga mencapai USD 3 miliar (sekitar Rp 9,4 triliun), akibat nya pemerintah AS pun merugi.
Kata John Pike ,  seorang pakar teknologi angkasa luar yang memimpin situs GlobalSecurity.org, program itu mirip FIA yang hanya sebuah halusinasi pentagon, kritiknya.
Departemen pertahanan AS nampak nya tak mau ambil pusing terhadap pro-kontra itu.Bukti nya saat ini proyek mercusuar itu sudah termasuk fase lelang. Informasi rahasia pentagon terkait alat itu akan disampaikan ke industri  pada musim gugur tahun ini.

Sementara itu pentagon di kabarkan tengah mempelajari sejumlah kemungkinan rasional dari fungsi rancangan satelit itu. Akhir diharapkan diakhir tahun 2007 ini, sejumlah staf pentagon mengungkapkan bahwa pihaknya masih memilikisejumlah pertimbangan dan pilihan. antara lain, mengembangkan sebuah satelit foto pemantauan baru atau menggunakan satelit pemantauan komersial. termasuk juga untuk membeli satelit komersial atau meningkatkann kapasitas satelit AS yang sudah ada sekaran. jadi , kata dia proyek itu bukan lai proyek signifikanjadi pentagon tidak akan seambisius sebelumnya.

Sebuah satelit komersiak AS yang diluncurkan pada september lalu oleh Digital Globe maupun untuk menggambarkan detail hingga jangkauan 50 centimeter objek itu dari luar angkasa,  pada akhir 2008 nanti. sebuah satelit akan diluncurkan dengan tingkat ketajaman visual mencapai 40 centimeter dari objek. di tahun 2011 nanti , diharapkan visual satelit akan dapat mencapai ketajaman 25 centimeter.

militer AS selama ini telah memiliki  kontrak USD 1 miliar (sekitar Rp 9,4 triliun) dengan dua perusahaan satelit komersial untuk alat serupa. satu kontrak yang bernilai USD 500 juta (sekitar Rp 4,7 triliun) itu berisikan paket lenkap termasuk satelit, biaya peluncuran , asuransi dan USD 200 juta untuk gambar satelit.

Intelejen Parlemen dan senat telah mengkritisi Pentagon dan managemen pengembangan program luar angkasanya, sebab untuk tiap program baru peningkatan anggarannya bisa mencapai 50 persen dari program sebelumnya. Tiap tahun Pentagon dikabarkan menghabiskan setidaknya USD 20 miliar (sekitar Rp 188 triluan) untuk program luar angkasa.

Oleh: Kamal Syam

Silahkan Berkomentar dengan Sopan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s