“Mencegah Keguguran Datang Berulang”

Walaupun penulis berjenis kelamin pria, tapi penulis sangat bisa merasakan kesedihan calon ibu yang mengalami keguguran kandungan. Ibarat Tergores pisau bermata dua yang tajam. Luka fisik dan luka batin. Tak sedikit perempuan yang mengalami derita itu, bahkan berulang kali. Bila demikian, apa solusinya?

Mudah dibayangkan betapa berat beban ibu yang mengalami keguguran. Apalagi sampai berulang-ulang. Sudah begitu, masih dihujani bermacam-macam komentar dan pertanyaan dari orang terdekat. Banyak macam komentar yang diterima, dari yang positif  hingga yang negative seperti ” itu sih gara-gara bibitnya lemah”, “Kandungannya kurang kuat”, “kurang beristirahat” dan komentar lain-lainnya.

Luka fisik bercampur luka batin bisa bikin yang bersangkutan putus asa. Jangan bingung dan jangan putus asa, sebab hal utama yang perlu diketahui justru kenapa bisa terjadi berulang. Juga bagai mana mengetahui gejalanya secara dini supaya dapat dicegah. Emang sih, segala sesuatu itu tuhan yang menentukan, tapi percayalah, dengan usaha dan doa insyaAllah tuhan akan mengabulkannya.

Oke, sblm penulis memberi info ini, penulis ingin menyampaikan bahwa penulis bukanlah seorang ahli kesehatan ato dokter ato apa aja yg sejenis. Disini penulis hanya ingin menuliskan hasil buku tua (intisari) yang penulis baca pekan ini. Menurut buku yang penulis baca, penyebab yang memicu sering terjadinya keguguran adalah, “Hormon yang tidak seimbang”.  Pertama-tama yang perlu dicermati yaitu indikasinya. Jika melihat gejala yang berupa bercak merah dibarengi rasa mulas, cepet-cepet periksa ke dokter. Dengan penanganan dini, entah itu dengan pemberian obat dan istirahat total, mudah-mudahan keguguran bisa di hindari. Tahap berikutnya, itu urusan dokter yang akan mencari musababnya, Kasus keguguran memang menyangkut berbagai faktor: 
  “Kandungan lemah” Menurut salah satu dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan dari RS ibu dan Anak Harapan Kita Jakarta, kata “Kandungan Lemah” itu istilah awam yang kurang tepat. Bukannya rahim yang patut disalahkan, tetapi ketidakseimbangan hormon yang bisa diobati dengan terapi hormon.
Melalui suatu tes dapat diketahui apakah seseorang mengalami ketidakseimbangan hormon atau tidak. jika hasilnya positif, kasus keguguran biasanya memang tidak bisa dihindari. pasalnya, pada awal kehamilan 1 – 3 bulan, peran hormon sangatlah penting. kalau tidak seimbang, berakibat janin tidak berkembang. Jadi, supaya kasus keguguran tidak terulang, begitu menunjukkan tanda-tanda kehamilan, mereka yang pernah memiliki histori keguguran segera melakukan terapi hormon. umumnya dengan pemberian pil hormon pada awal usia kehamilan.

Berikut ini ada beberapa hal yang harus dijaga semasa seorang ibu hamil:

  • Yang pasti jangan terlalu capek, baik fisik maupun mental. Stress yang berlebihan dapat meningkatkan adernalin yang bisa menyempukan pembuluh darah sehingga akan mengurangi aliran darah ke rahim.
  • Mengkunsumsi makanan bergizi tinggi, kaya zat besi, kalori dan protein, ditambah vukup vitamin dan mineral.
  • perhatikan kenaikan bobot badan – rata-rata sampe 14 kg.
  • Perhatikan kesehatan fisik secara menyeluruh –  baik kerja jantung, paru-paru, ginjal, tidak timbul pembengkakan, tekanan darah normal, berat badan seimbang. 

 Nah.. buat calon ibu yang mungkin membaca artikel ini. sedikit mungkin bisa membantu. kalo ada pertanyaan, silahkan hubungi dokter terdekat he..he..he..

10 comments on ““Mencegah Keguguran Datang Berulang”

  1. Ass.
    Thank’s ya dah ngasih infm berharga.
    Saya ibu muda, pernah keguguran 2 bulan yang lalu. Mdh2n Allah ngasih rezeki lagi bwt kami.
    Wassalam.

  2. Sy 2 bln yg lalu mengalami keguguran.sy ingin brtnya kpd anda apakah dg mengkonsumsi pil hormon tdk mangganggu kehamilan.gmn sy hrs mendptkan pil tsb.apakah sesuai dg resep dokter.Trims

  3. tq banget info yg anda berikan. sedikit mengurangi kecemasan saya, pasalnya saya skg hamil 6 mgg tapi masih mengalami flek selama 5 x dan membuat saya cemas

    tq…semoga saya dan calon anak saya diberi kekuatan dan kesehatan sampai saya melahirkan nanti,amin..

Silahkan Berkomentar dengan Sopan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s