Televisi dapat menghambat perkembangan otak bayi

Penulis ngak nyangka, Ternyata TV alias Televisi secara mendasar tidak baik bagi otak bayi, demikian dikatakan oleh sejumlah dokter spesialis yang dimuat dalam majalah kedokteran Jerman di awal pekan ini.
Bahkan acara khusus televisi dan DVD rancangan khusus bagi bayi yang mengklaim dapat meningkatkan perkembangan otak secara nyata lebih membawa pengaruh buruk bagi perkembangan otak bayi,” demikian pernyataan dari dokter ahli yang dimuat dalam majalah Neu-Isenburg Jerman.

Bayi belajar mengalami gangguan dari televisi, demikian laporan ilmuwan yang mengacu kepada daya kerja otak yang merupakan penelitian Profesor Manfred Spitzer dari Ulm.

Pendapat om Manfred Spitzer bayi tak dapat memproses rangkaian dari tampilan benda maupun suara dari televisi, demikian dikatakan.

Spitzer mengatakan dalam satu penelitian di Amerika Serikat sekelompok bayi yang memiliki kisaran umur sembilan hingga 12 bulan dibacakan cerita dalam bahasa China sementara sekelompok bayi lainnya mendengarkan cerita yang sama dari sebuah televisi.

Bayi-bayi dari kelompok pertama dalam waktu dua bulan berselang dapatb mengenali suara dalam bahasa China namun kelompok dua yang melulu hanya mendengarkan dan melihat tampilan layar di televisi tidak mempelajari apapun.

Para peneliti otak mengatakan bahwa letak televisi yang salah dapat berbahaya apabila seorang dewasa membacakan cerita bagi bayinya.

Menurut satu penelitian lainnya yang melibatkan 1000 keluarga yang memiliki bayi dengan kisaran usia 8 hingga 16 bulan yang secara berkala dibacakan cerita, maka anak-anak tersebut mengenali atau mengetahui jumlah kata 8 persen lebih banyak dari rata-rata.

Jumlah perbendaharaan kata anak-anak yang banyak melihat acara “Baby tv” atau DVD yang khusus diperuntukkan bagi bayi adalah 20 persen lebih rendah dari jumlah kata yang dimiliki anak-anak secara rata-rata, demikian laporan Kantor Berita Jerman

Bagi anda yang memiliki bayi atau balita, mungkin ada baiknya dari sekarang anda mempertimbangkan tentang televisi yang dapat menggangu perkembangan otak anak. Anak adalah segala-segalanya bagi kita, mari kita jaga dan kita buat ia kelak menjadi orang yang terhebat dalam hal yang positif. Semoga artikel ini sangat bermanfaat. Terimakasih🙂

sumber: antara news

One comment on “Televisi dapat menghambat perkembangan otak bayi

  1. Oo… gitue
    itu dalam hal daya tangkap vocabulary, itu pun dalam gaya bercerita.
    gimana kalau tentang yang laen?
    seperti picture, song,etc.
    bukannya itu lebih baik dengan bantuan dvd atau pun cd, cause every ply it kan menghasilkan tampilan yang sama dan atau suara yang sama persis.
    ………^_^

Silahkan Berkomentar dengan Sopan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s