Proxy dan Ip Addres

Masih banyak di kalangan kita yang belum mengerti benar tentang IP address dan Proxy, masing-masing ada cara dan guna untuk menggunakan ip adress dan proxy. Penulis tadinya juga belum mengerti hingga penulis menemukan artikel dibawah ini dari nara sumber. walopun cuma dasarnya doang, tapi sedikit2 berguna buat pengetahuan tentang persamaan, perbedaan proxy dan ip address.

Apa itu proxy ?

Proxy server merupakan server yang digunakan untuk menyimpan data web yang pernah diakses oleh pengguna. Manfaat dari proxy server adalah untuk mempercepat akses ke situs web.

Beberapa pengguna internet biasanya pernah mengakses situs informasi yang sama. Sebagai contoh, setiap pengguna selalu mengakses suatu situs, misalnya Yahoo!.

Tanpa proxy, setiap pengguna harus melakukan akses langsung ke server Yahoo! di Amerika, pada informasi yang diambil sama.

Dengan adanya proxy server, pengakses yang akan melihat halaman Yahoo! tidak perlu harus selalu mengakses secara langsung ke server tersebut (yang letaknya di Amerika), tetapi cukup melihat pada cache proxy server setempat (di Indonesia).

Bagaimana informasi suatu web disimpan di proxy ?

Begitu salah seorang pengguna mengakses suatu situs, halaman situs tersebut akan secara otomatis tersimpan pada proxy server ISP yang Anda gunakan (misal : TelkomNet, CBN dsb). Dengan demikian pengguna lain yang akan mengases situs yang sama tidak perlu harus melakukan akses langsung, cukup mengambilnya dari proxy server lokal.

Apa itu IP Address ?

IP address adalah alamat (address) suatu website yang berbentuk angka, misalnya ip address www.yahoo.com adalah 209.131.36.158 (cobalah Anda buka http://209.131.36.158/pasti hasilnya sama dg buka http://www.yahoo.com/). Adapun guna ip address adalah agar kita bisa browsing lebih cepat krn tiap ip address adalah unique (tidak sama). Mungkin ada juga yg coba bikin web yg mirip dg yahoo.com, misalnya yaho.com atau yahooo.com atau yahho.com dsb shg akan memperlama waktu untuk browsing krn kemiripan namanya. Ip addres yang kita gunakan dapat dirubah melalui proxy, selama ini penulis mendapatkannya dari Link yang ada di http://freeUSproxy.blogspot.com/ terkadang susah dan gampang, tergantung nasib kali yak..😀 nah..

Apakah IP Address bisa diganti atau disembunyikan ?

BISA…. (bersambung)

Sumber(DS)

11 comments on “Proxy dan Ip Addres

  1. asslm….
    thnks infox..
    sxan mw txa..
    sya Lg memplajari ttg iptables..
    napi bingung untuk memahami ttg penggunaan Port 80,21,22 dll..
    untuk memblock sbah almt web tertentu, mislanya facebook/yahoo..
    minta bntuanx dong..mmberikan pnjelsan ttg Port yg ada pd sbuah Jring..
    wsslm

Silahkan Berkomentar dengan Sopan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s