Membaca pikiran dengan Komputer? Bener ga sih?

Katanya, ada beberapa para peneliti Amerika sedang melakukan penelitian mengenai sebuah komputer yang telah dilatih untuk membaca pikiran manusia, percaya ga? dengan melihat pada proses scan otak orang ketika orang memikirkan kata-kata yang spesifik. Si para peneliti mengharapkan bahwa hasil karya penelitiannya dapat dimasukkan ke dalam Journal Science.

Penelitian ini dilakukan selama 10 atau 15 tahun dan menggunakan gambaran magnetic resonance, sebuah tipe scan otak yang dapat melihat aktivitas otak secara realtime. Para peneliti mengkalibrasi komputer dengan sembilan siswa relawan yang mencoba memberikan gambaran aktivitas otak dengan berpikir mengenai 58 kata yang berbeda.

“Kami memberikan instruksi ke para relawan mengenai apa yang hendak kami katakan kepada mereka. Kami akan menunjukkan Anda sebuah kata dan kami ingin setelah Anda melihatnya, pikirkanlah mengenai definisi mengenai kata tersebut.”, kata mas Tom Mitchell, sang ketua kelompok penelitian tersebut.

Setelah tes dilakukan, Mitchell mengatakan bahwa ada dua kata yang tidak Anda lihat yaitu celery dan airplane, dan kemudian ia bertanya komputer untuk memilih manakah kata dari pikiran koresponden yang cocok dengan komputer. Hasilnya, komputer mampu melalui tes tersebut dan mampu memprediksikan kapan gambar dalam otak diambil ketika seseorang berpikir tentang celery dan kata yang diberikan peneliti adalah airplane. Untuk mengikuti tes yang diberikan, para relawan harus fokus dan harus duduk atau berbaring untuk beberapa menit. Mitchell sedikit terkejut mengenai aktivitas otak dari para relawan terlihat sama, meskipun diakui Mitchell, dalam proses tes aktivitas otak ini diperlukan ketelitian yang sungguh-sungguh sehingga hasilnya akurat dan dapat dipercaya. Namun, penelitian ini masih terus dikembangkan dan belum diketahui mengenai spesifikasi komputer dan cara kerjanya secara detail.

sumber tambahan: beritanet

4 comments on “Membaca pikiran dengan Komputer? Bener ga sih?

Silahkan Berkomentar dengan Sopan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s