menyikapi berbagai kesulitan dalam hidup

Kehidupan ini di penuhi dengan ke aneka ragaman, kebahagiaan, kesulitan selalu datang menghampiri kita sebagai ujian dari Allah. Kebahagian dan kesulitan adalah anugrah yang membuat hidup semakin indah. tapi, Ketika kesulitan hidup itu datang, hati berubah gundah, kesana-kemari seolah mencari sesuatu yang hilang. Tekanan darah naik, darah pun mengalir tak beraturan, menekan keras ke otak hingga membuatnya panas, lalu mengendap di dada menekan paru-paru hingga nafas terasa berat, detak jantung tidak menentu, dada berdebar-debar menekan balik darah. Sementara itu keringat dingin pun membeku, dan sekujur tubuh terasa pegal. Emosi kian memuncak, dengan sorotan mata yang tajam dan pikiran berputar-putar mengitari tumpukan segala kegundahan.

Setiap orang pasti pernah mengalami saat-saat sulit dalam menjalani kehidupannya. Kadang kesulitan itu memang membuat seseorang frustasi, bingung, stres, panik, putus asa dan sikap negatif lainnya. Namun hal ini hanya terjadi pada kebanyakan orang yang hidupnya jauh dari tuntunan Al-Qur`an. Jauhnya mereka dari tuntunan Al Qur’an menyebabkan mereka gampang gelisah, tegang, dan marah. Mereka menjalani kehidupan ini dengan beban masalah dan tekanan batin yang luar biasa beratnya, sehingga menjauhkan mereka dari kebahagiaan hidup.

Seorang mukmin tentu berbeda dalam menyikapi berbagai kesulitan hidup yang dihadapinya.Mereka memahami bahwa kesulitan atau ujian diberikan oleh Allah dalam rangka menguji hamba-Nya. Dan mereka tahu bahwa kesulitan itu dibuat untuk membedakan antara mereka yang benar-benar beriman dan mereka yang memiliki penyakit di hatinya, yaitu mereka yang tidak tulus dalam meyakini keimanan mereka. Karena itu, ujian atau kesulitan yang hadir dalam kehidupan kita akan menunjukkan siapakah kita sebenarnya. Allah menjelaskan melalui firman-Nya, bahwa Dia akan menguji manusia untuk melihat siapakah yang benar-benar beriman.

“Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad di antaramu, dan belum nyata orang-orang yang sabar.” (Ali Imran: 142)

“Allah sekali-kali tidak akan membiarkan orang-orang yang beriman dalam keadaan kamu sekarang ini, sehingga Dia menyisihkan yang buruk (munafik) dari yang baik (mukmin)….”(al-Baqarah: 179)

Ketika membaca terjemahan ayat tersebut, hendaknya semakin menambah kesadaran kita bahwa kehidupan ini memang dipenuhi dengan aneka masalah dan berbagai kesulitan. Karena dunia ini merupakan Darut Taklif, maksudnya adalah tempat pembebanan. Tidak ada seorang pun yang terbebas dari masalah selama mereka hidup di dunia.

Dan sungguh merugi orang yang larut dalam kesedihan, kesedihan yang panjang justru akan semakin menyulitkan diri dalam menghadapi masalah. Hanya dengan keberanian untuk bangkit dan bersabar, kesulitan itu akan terasa mudah. Berbahagialah orang yang mampu bersabar dalam menghadapi setiap kesulitan hidup, karena Allah beserta orang-orang yang sabar.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. amiin.

semua bisnis

6 comments on “menyikapi berbagai kesulitan dalam hidup

  1. Sebetulnya masalah serumit apapun apabila kita menyikapinya secara dewasa dan bijak pasti kita akan bisa keluar dari belenggu itu. Perbanyaknya beribadah hanya semata demi Allah. dan tentunya dengan selalu berpikiran positive pada sesama dan terutama pada Allah, jangan kita menjadi Suudzon kepada Allah dengan musibah dan cobaan yang diberikanNya pada kita. Sering kali dita bersuudzon pada Yang Kuasa tapi sebetulnya masalah yg diberikan sesungguhnya Allah sayang pada kita artinya kita selalu harus menjadi diri pribadi yang lebih baik, lebih maju dan mantap serta dapat di banggakan orang lain.

  2. Alhamdulillah.. to : Saskia, anda sangat bijak😉 terimakasih atas tambahannya.. Semoga semua MUSLIM di dunia ini selalu di beri hidayah. Bersyukurlah kita dilahirkan sebagai umat ISLAM.

  3. wuih..bener2 nasehat yang bikin adem..!!
    kebahagiaan bukan terletak dari tercapainya semua keinginan,tapi keikhlasan menjalani keadaan..

Silahkan Berkomentar dengan Sopan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s